Rabu, 09 Januari 2013

Cara merawat baterai laptop yang benar dan lengkap



Cara merawat baterai laptop yang benar dan lengkap
Nah kawan, setelah lama ga post saya putuskan untuk post lagi karna dapat informasi yang lumayan berguna bagi anda-anda yang menggunakan laptop atau notebook.
Sering muncul dipikiran kita,
kalo batrai laptop di charge terus bisa rusak ga ya ?
jawabannya : tergantung sih, menurut yang saya tau laptop jaman sekarang sih bisa langsung mengalihkan daya dari adaptor kelaptop jika baterai sudah penuh tapi hati” ada juga laptop yang tidak memiliki fitur seperti diatas jadi anda bisa tanya ke tokonya atau searching di google deh tentang spesifikasi lengkap laptop anda lagi ^^
Kalo main tanpa baterai kayanya menghemat umur baterai tu, tapi bagus ga ya ?
Jawabannya: wah gan, ini yang paling fatal. Menurut kejadian pribadi saya kalo main tanpa baterai itu malah bisa merusak bagian dalam adaptor karna daya langsung dialirkan ke MOBO(MotherBoard). Laptop saya pernah mengalami mati sendiri karna main tanpa pakai baterai gitu dan nanti akibatnya bisa mati total alias ga idup-idup lagi. Jadi pikir deh lebih bagus ganti MOBO yang harga 2-3 jtan ato baterai yang sekitar 800 ribuan ( kira” ada ya yang 5 rban aje gitu biar hemat :p).
Dan lain”.
Nah disini ada beberapa tips untuk menjaga baterai laptop dan laptop anda tetap bagus dan segar.
1. Letakan laptop pada alas yang keras.
Panas adalah salah satu musuh utama element baterai, jika Anda meletakan laptop pada alas yang soft seperti bantal misalnya maka panas yang keluar akan diserap.
2. Gunakan Listrik yang stabil
Ketika Anda melakukan charge baterai perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor, hindari listrik yang bervoltase tidak stabil.
3. Haruskah baterai dicopot?
Jawabannya Ya dan Tidak. Jika laptop Anda dilengkapi dengan kempuan switch ketika baterai sudah terisi penuh maka langsung dialihkan ke daya adaptor, maka sebenarnya tidak perlu mencopot baterai, Namun jika tidak maka Anda bisa mencopot baterai dengan pertimbangan limetime elemen baterai. Perlu Anda pertimbangkan ketika akan mencopot baterai, apakah listrik ditempat Anda bagus? Karena ketika Anda tidak menggunakan baterai maka daya yang masuk murni berasal dari listrik dan jika listrik mati, maka laptop akan kehilangan daya.
4. Defrag Hard Disk
Lakukan defrag harddisk secara teratur, dengan defrag yang teratur maka kinerja harddisk akan lebih baik dan secara otomatis akan mengurangi beban baterai
5. Hibernate & Standby
Beralih lah ke Hibernate dan tinggalkan kebiasaan Standby
6. Harddisk & CDROM
Gunakan lebih banyak harddisk daripada menggunakan CDROM karena CDROM memakan daya yang lebih buruk dari pada harddisk
7. Kontak Baterai
Bersihkan kontak baterai Anda dengan kain yang dibasahi alkohol setiap sebulan sekali, agar transfer daya baterai tetap lancar.
8. Power Option
Gunakan pilihan Optimize, yang mana pilihan tersebut akan menggunakan maximum baterai untuk menampilkan effect maximal.
9. External Device
Jangan terlalu lama bekerja dengan external device, jika Anda menggunakan external harddisk sebaiknya file tersebut dipindahkan dan dialihkan kedalam harddisk. matikan Wifi, Bluetooth, atau external device lain jika tidak digunakan.
10. RAM
Lebih besar RAM lebih baik, mengapa? karena jika RAM terlalu kecil maka ketika menangangi pekerjaan besar akan meningkatkan kinerja virtual memory yang mana virtual memory ini mengkonsumsi daya yang lebih besar.
11.Nah ini bagi anda yang menggunakan laptop menggunakan baterai terus dan takut baterai anda umurnya pendek bisa di maintance ato di kalibrasi istilahnya gan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata" yang sopan dan baik.
#komentar anda sangat berguna bagi blog kami.
# tidak ada komentar yang bersifat SARA
#komentar kalian pasti saya baca semua dan akan saya balas secepatnya
happy blogging
#Bila anda ingin mengcopy artikel ini dimohon untuk menyertakan link asal, jadilah blogger yang berETIKA